Pantas Saja Harga Tokek Bisa Selangit!

tokek

Dengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan besar, seorang pemuda bernama Firdaus (21) dalam satu tahun terakhir telah menggeluti bisnis jual beli binatang yang kabarnya dapat menyembuhkan HIV/AIDS itu.

“Saya sudah 1 tahun bisnis tokek. Awalnya saya kenal sama seseorang bernama Mat Nur, lalu kita diskusi bagaimana caranya dapat duit banyak. Terus saya dengar tokek harganya mahal, ya udah sejak itu saya cari tokek dan saya jual-beliin deh,” kata Firdaus saat ditemui Kompas.com di kediamannya di Kawasan Cipete Selatan, Jakarta, Jumat (25/9).

Untuk memelihara tokek-tokek itu, Firdaus mengaku tidak pernah mengalami kesulitan. Pasalnya, memelihara tokek, menurutnya, tidaklah sulit. Selain itu, ongkos makan juga tidak mahal. “Ternak tokek sebenarnya gampang. Satu minggu kita cuma kasih dia makan jangkrik seharga Rp 5.000 sebanyak dua kali. Artinya satu tokek seminggu biaya makannya Rp 10.000,” katanya.

Jumlah tokek yang dimiliki Firdaus saat ini delapan ekor. Dari delapan tokek yang dimilikinya, berat maksimal adalah 2 ons, sedangkan yang paling ringan 1 ons. Meski telah 1 tahun berbisnis tokek, Firdaus mengaku belum pernah merasakan menjual tokek dengan harga yang fantastis. Harga tertinggi yang pernah didapatkan hanya Rp 2 juta. Ini karena tokek yang dimilikinya hanya memiliki berat maksimal 2 ons.

“Susah cari tokek yang besar. Tokek besar banyaknya di daerah, kalau di Jakarta jarang. Paling ada kecil-kecil,” katanya. Harga tokek bervariasi. Sementara itu, mengenai harga jual tokek di pasaran, menurut pria bujang ini, tergantung berat tokek itu sendiri. Semakin besar atau berat tokek, harganya makin mahal.

“Kalau tokek ukuran 1 ons di pasaran bawah (bukan harga dari eksportir) Rp 100.000, kalau tokek 1,5 ons Rp 200.000, tokek ukuran 2 ons Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Tokek 2,5 ons harganya antara Rp 5 juta dan Rp 30 juta,” paparnya.

Menurutnya, harga tokek mulai beranjak tinggi jika memiliki berat di atas 3 ons. Harga tokek dengan berat 3 ons sendiri, menurutnya, memiliki harga dari Rp 30 juta hingga Rp 100 juta-an, sedangkan tokek dengan berat 3,5 sampai 4 ons biasa dihargai dengan Rp 100 juga hingga Rp 800 juta. “Harganya bervariasi karena tiap bos beda harganya,” ujarnya.

Binatang sensitif

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, tokek merupakan jenis binatang yang cukup sensitif. Reptil yang masuk golongan cicak besar, suku Gekkonidae, ini gampang stres.

“Kalau dibawa pindah dari satu tempat ke tempat lain akan kelihatan. Pernah teman saya bawa dari Padang ke Jakarta buat dijual. Dari Padang beratnya 7 ons. Eh pas sampai Jakarta beratnya turun jadi 2 ons. Ternyata pas ditanya ke orang yang ngerti, itu gara-gara stres. Malah yang lebih parah lagi, teman saya bawa (tokek) dari Tanah Abang (Jakarta Pusat) ke Pasar Minggu. Eh pas sampai tujuan tokeknya mati. Akhirnya gagal dijual,” ungkapnya.

Menurut Firdaus, tokek adalah binatang yang sejak dulu dikenal dapat menjadi obat. Daging tokek, menurutnya, dipercaya banyak orang merupakan obat gatal. Begitu juga dengan darah dan empedu tokek.

“Konon, empedu tokek yang sudah jadi kristal bisa jadi obat apa aja. Itu biasanya kalau tokeknya sudah 4 ons beratnya. Terus, tokek juga katanya bisa jadi obat HIV/AIDS, tapi enggak tahu apanya. Ada yang bilang darahnya, dagingnya, lidahnya,” ujarnya.

~ oleh Awai pada Oktober 8, 2009.

18 Tanggapan to “Pantas Saja Harga Tokek Bisa Selangit!”

  1. saya ada tokek ukuran 5 ons, siapa mau beli????………

  2. aku punya tekek 2 kamar. kl 200 ekor. ukuran beragam. 085 235 035 262

  3. Aku punya 2 kandang tokek, isi l2bih dari 200 ekor, ukuran beragam. Itu bekas punya OT untuk kripik tokek.Mau? hub Arim 085 235 035 262

  4. wah parah nih.. ciakakakak… itu cuma isu doang kale… coba saya pengen bukti transaksi yang sudah pernah terjadi dari jual beli tokek ini adakah?? haha… sampe saat ini blum ada tokek yang terjual dengan harga segitu, logika aja dong.. ini pada ngehayal yah??

  5. saya punya tokek 2 ekor berat kurang lebih 2 ons. siapa yang berminat hub. 085765321403. saya di Tarutung. TAPUT.

  6. saya pny tokek 2 ons lbh dikit, ad yg nawar 500rb gk aq kasih, kira2 ad yg mau nawar lbh gk, sekitar 1jt , nope ku 085325122588 posisi dijateng bagian utara

  7. Saya punya 1 tokek beratnya kurang lebih 2 ons
    yang berminat hub, 0816761711,081803427878

  8. Salam kenal……
    Untuk Pak Agus & Pak Anang, kl memang anda punya tokek dgn bobot diatas 4 ons saya bs bantu utk menjualnya…,saya punya kenalan buyer (pembeli) yg mau turun ke lokasi asalkan barang 4 ons up…
    Kalo memang anda serius bs hubungi saya di nmr : 08988887183.
    Thanks…

  9. Bagi komunitas Pnjual&Pmbeli TOKEK diwilayah III Cirebon mari sharring Info & pgalaman di Cirebon_tokek@plasa.com atau di 085659832219

  10. tolong sy minta no telp pembeli tokek.Saya punya ukuran besar berat lbh dr 5 0ns

  11. aku takut tokek

  12. saya ada tokek nih berat 3 ons jual kemana yah?…..

  13. saya ada tokek besar, ngejualnya kemana ya ?
    kirimin no telp/hp nya ke emailku, thks b 4

  14. beli tokek dulu…

  15. benarkah ini sahabat…..wah info yg baik nich
    salam hangat selalu
    melebihi harga sembako yah

    pa cabar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: