Tipe Ayah Seperti Apakah Anda?

AYAH

Dalam Daddy’s Factor (Penguin Books, USA, 2006) Steven Bolter menulis, “Melalui kehidupan dalam keluarga, seorang ayah bukan saja memengaruhi individualitas anaknya, tetapi juga memengaruhi kemampuannya bergaul dan bersikap dalam masyarakat.” Dalam buku ini pun profesor psikologi yang merangkap direktur rumah sakit Ilmu Kedokteran Harvard ini mengategorikan tipe ayah yang dapat memberi dampak utama pada putra-putrinya: Tipe Ayah Bom Waktu Ayah bertipe ini bersikap proteksionis yang menginginkan kesempurnaan dari anak-anaknya. Jika anak-anaknya gagal atau mendapat nilai jelek, si ayah tak segan memarahi atau menegur dengan keras. Segala sesuatu yang menyangkut si anak selalu dikaitkan dengan prestasi. Jangan heran, obrolan si anak dengan ayah tipe ini pun tak pernah jauh-jauh dari urusan sekolah dan prestasi. Anak yang memiliki ayah bertipe bom waktu cenderung merasa kurang aman atau tidak mudah percaya pada orang lain. Terutama dalam pergaulan dan di tempat kerja. Tipe Ayah Acuh Tak Acuh Ayah tipe ini cenderung cuek pada kebutuhan anak-anaknya, terutama pada kebutuhan psikis karena mereka merasa tanggung jawab utama seorang ayah adalah menjalankan peran sebagai breadwinner alias pencari nafkah. Ia enggan memantau perkembangan fisik, mental, dan emosi anak-anaknya karena menganggap istrinyalah yang bertanggung jawab dan memegang peranan penting dalam tugas ini. Ayah yang acuh tak acuh juga memengaruhi perkembangan anak dalam arti ayah tipe ini kurang mengenalkan anaknya pada kesulitan dan tantangan yang mungkin banyak ditemui di luar rumah. Tipe Ayah Pembimbing Sejatinya, inilah tipe ayah yang penuh kehangatan dalam mendidik anaknya. Ia memiliki metode pendekatan dengan cara membimbing anak-anaknya agar mau belajar dan meningkatkan kualitas. Dia juga senang meningkatkan pergaulannya, terutama sesama ayah agar bisa lebih terlibat dalam kegiatan anak-anaknya. Ayah tipe ini juga selalu melek teknologi supaya dapat mengikuti zaman yang pada akhirnya dapat mendekatkan dirinya dengan anak-anak.

~ oleh Awai pada September 14, 2009.

4 Tanggapan to “Tipe Ayah Seperti Apakah Anda?”

  1. waduw, saia lum bisa menggolongkan diri saia sendiri nih, kan lum jadi ayah…tapi tipenya kok cuma 3 yah…ada kombinasi ga??

  2. Mudah-mudahan nanti ayah dari anak saya bisa jadi ayah yang baik untuk anak-anaknya……. amin.

  3. InsyaAllah.. makasih ya dah mampir diblogku.

  4. pemilik blog ini pasti menjadi ayah yang baik deh..!🙂 btw..katanya anak-anak itu (apalagi balita) gak boleh lho dimarahin, nanti proses pertumbuhannya bakal terganggu… itu kata pak dokter.. salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: