Canggih beneEr.. Lidah bisa Kirim Input Visual

lidah
Sebuah instrumen baru yang dikembangkan para ilmuwan bisa mengirimkan input visual melalui lidah. Hal ini membantu tunanetra dapat merasakan dan mengenali beragam hal yang berada di sekitar mereka.

Live Science, Sabtu (29/8/2009) melansir, perangkat bernama BrainPort ini ditempatkan pada lidah layaknya seseorang mengulum permen lolipop. Alat ini mengambil informasi yang dikumpulkan oleh sebuah kamera digital yang terpasang pada sepasang kaca mata. Kemudian, kaca mata tersebut mengirimkan aliran elektroda yang tertangkap “lolipop”.

Setelah itu, kamera menyampaikan informasi mengenai penampakan objek cahaya yang diangkap kamera ke unit terkecil cellphone. Selanjutnya, unit ini mengubah informasi cahaya menjadi bentuk rangsangan elektrik. Cara kerja alat ini bisa dibilang menggantikan cara kerja retina pada mata.

Unit tersebut kemudian mengirimkan informasi ke 400 mikroelektroda 400 yang tersusun pada BrainPort. Mikroelektroda menstimulasi syaraf pada lidah sehingga pengguna serasa mengulum permen Pop Rocks yang seakan “meletup-letup” di lidah mereka.

Yang menakjubkan, otak pengguna kemudian akan belajar menterjemahkan stimulus pada lidahnya kedalam bentuk gambar visual. Namun, hal ini tidak berarti otak dan mata dapat melihat jelas objek yang ditemui. Perangkat ini hanya menterjemahkan rangsangan syaraf dari mata dan mencoba menggambarkan objek yang terpampang dihadapan pengguna.

~ oleh Awai pada Agustus 30, 2009.

Satu Tanggapan to “Canggih beneEr.. Lidah bisa Kirim Input Visual”

  1. heee bener canggih…tapi jangan lupa kasih nama alatnya loh, ntar ketuker punya orang lagi😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: