Sedih, Rir Bob Robson Meninggal

BOB

Pemain sepak bola legendaris Inggris, Sir Bobby Robson, dikabarkan meninggal dunia pada hari Jumat (31/7). Seperti dilaporkan BBC Sport, Robson meninggal pada usia 76 tahun setelah sekian lama menderita kanker.

Dalam pernyataan resmi, keluarga Sir Robson menyatakan, “Ini adalah kesedihan besar, seperti diumumkan pagi ini, Sir Bobby Robson menderita kekalahan dalm pertempuran panjang dan gagah berani melawan kanker.”

“Ia meninggal dengan sangat damai pagi ini, di rumahnya, di County Durham dengan istri dan keluarga di sampingnya. Pemakaman Sir Bobby akan bersifat pribadi dan hanya untuk anggota keluarga,” lanjut pernyataan itu.

Keluarga Sir Robson dan keluarga berterima kasih atas perhatian kerabatan, rekan-rekan, dan relasi Sir Robson. Namun, mereka minta semua pihak untuk memberikan keluarga ketenangan pada proses pemakaman dan masa berkabung.

“Lady Robson dan keluarga akan sangat menghargai bila privasi mereka dihormati selama masa sulit ini,” tegas pernyataan tersebut.

Dalam belasan tahun terakhir, Robson memang harus bergulat dengan penyakit mematikan itu setelah sempat menjalani beberapa kali operasi. Kala aktif masih menjadi pemain, Robson pernah memperkuat tim nasional Inggris sebanyak 20 kali dan tampil pada Piala Dunia 1958 dan 1962.

Sebagai pelatih, Robson juga pernah menangani sejumlah klub elite Eropa, seperti PSV Eindhoven, Sporting Lisbon, Porto, dan Barcelona. Salah satu prestasi gemilangnya sebagai pelatih adalah kesuksesannya mengantar skuad “Three Lions” lolos ke semifinal Piala Dunia 1990. Bobby Robson dianugerahi gelar bangsawan pada 2002.

Segala pencapaian itu mencerminkan kecintaan dan kebanggan masyarakat Inggris kepadanya. Kebanggan dan kecintaan mereka itu tak lekang, meski Sir Robson sudah tak aktif di sepak bola.

Lima hari lalu, ribuan pendukung sepak bola memadati Stadion Saint James Park untuk menyampaikan dukungan kepada Sir Bobby dan penggalangan dana.

Sayang, besarnya kecintaan penggemar kepada Sir Bobby berakhir di luar harapan. Toh, hal itu tak menghapus kenyataan bahwa Sir Bobby adalah salah satu penggiat sepak bola terbesar. Semangatnya akan terus hidup dalam perjalanan sepak bola Inggris dan dunia.

~ oleh Awai pada Juli 31, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: