Jacko disebut dimakamkan secara islam?

SPEKULASI acara pemakaman Michael Jackson masih simpang siur, kapan dan bagaimana prosesi yang akan dilaksanakan.

Namun satu blog selebritas, X17, yang dikutip berbagai media mengatakan Jackson akan dimakamkan secara Islam.”Keluarga akan mengikuti pemakaman secara Islam karena yakin Michael (Jackson) ingin dimakamkan sesuai keimanan yang baru dianutnya. Jermaine kakaknya yang memberi petunjuk soal prosesi itu,” tulis X17 mengutip sumber dekat keluarga Jacko.

Jackson dikabarkan sudah tertarik dengan Islam sejak lama dan resmi memeluk Islam pada November 2008. Dia bahkan mengganti namanya menjadi Mikaeel. Bahkan sebagian besar pengawalnya merupakan anggota Nation of Islam, organisasi Islam terbesar di AS.

Sementara Jermaine yang mengubah namanya menjad Muhammad Abdul-Aziz sudah menjadi muslim sejak sekitar tahun 1989. Dialah yang memberikan buku-buku tentang Islam kepada Michael.

Ketika mengumumkan kematian Jacko, Jermaine yang memang seorang Muslim mengakhirinya dengan ucapan, “Semoga Allah senantiasa bersamamu, Michael.”

Kemudian dalam interview Kamis di acara Today NBC, seperti dikutip Washington Post, Jermaine kembali mengulang kata “Allah”. Dalam acara itu ia mengatakan sebenarnya berharap lebih dahulu meninggal dari adiknya itu, dan mengatakan Michael adalah “hadiah dari Allah.”

Ketika ditanya mengapa ia ingin meninggal lebih dulu dari Jacko, Jermaine mengatakan ia merasa selalu menjadi “tulang  punggung” Michael.

Tapi isyarat dari Jermaine sama sekali belum cukup untuk menunjukkan bahwa Jacko adalah Muslim. Jacko semasa hidupnya tak pernah mengeluarkan pernyataan di depan publik bahwa ia seorang Muslim.

Meskipun santer terdengar kabar dia akan dimakamkan dengan cara Islam, media-media barat masih banyak yang ragu apakah Jacko akan dimakamkan secara Islam atau Saksi Jehovah.
Keluarga Jacko merupakan penganut Kristen Jehovah dan ia juga dibesarkan sebagai penganut Jehovah.

Bagaimanapun juga pihak keluarga memang telah merencanakan upacara pemakaman yang rencananya akan dilaksanakan Minggu. Mereka dikabarkan telah bertemu dengan Kepolisian Los Angeles (LAPD) untuk membicarakan prosesi.

Pihak keluarga Jackson mengusulkan adanya upacara pemakaman untuk publik di gedung aula Staples Center, Los Angeles. Dari Staples Center, jenazah Michael akan dipindahkan terakhir kalinya ke Neverland Ranch untuk pemakaman pribadi dari pihak keluarga, teman dan kolega dari industri musik.
Kabarnya, Jacko akan dimakamkan di Taman Pemakaman Forest Lawn di Hollywood Hills. Taman Pemakaman Forest Lawn diyakini sebagai lokasi yang paling mungkin untuk keluarga, kendati mereka masih menimbang-nimbang opsi lokasi potensial pemakaman lain.

Baca Syahadat
Jacko diberitakan masuk Islam sejak akhir November 2008 silam. Daily Mail menulis, Jacko menjadi Muslim dalam suatu upacara di rumah temannya di Los Angeles.

Saat mengucapkan dua kalimat syahadat, Jacko duduk di lantai dan mengenakan topi kecil di kediaman Steve Porcaro,  komposer musik pada album Thriller.

Dia tertarik dengan Islam setelah berdiskusi dengan penulis lagu asal Kanada, David Wharnsby dan produser Phillip Bubal.

“Mereka berbicara kepada dia tentang keyakinan mereka dan bagaimana mereka menjadi orang yang lebih baik setelah masuk Islam. Michael segera tertarik. Seorang Imam dipanggil dari masjid dan Michael mengucapkan sahadat,” kata seorang sumber.

Yusuf Islam, yang dikenal sebelumnya sebagai Cat Steven, dikabarkan ikut memperkenalkan Islam kepada The King of Pop itu.

Namun, secara formal, Jackson sebenarnya sudah bergabung dengan Nation of Islam pada 17 Desember 2003. Nation of Islam adalah sebuah pergerakan Muslim kulit hitam di AS yang dibesarkan Malcolm X.

Tapi, yang tak kalah berperannya adalah kedamaian yang diterima Jackson sejak dia memiliki rumah di Bahrain, sebuah kerajaan kepulauan di kawasan Teluk.

Dia terkesima dengan apresiasi hangat masyarakat Bahrain, meski kala itu, sebagai pemeluk Kristen, dia jadi minoritas di negara tersebut.

Karena itu pula, Jackson tak segan-segan mendermakan hartanya. Dia memberikan infak untuk sebuah mesjid di Manama, Ibu Kota Bahrain.

Masjid tersebut dibangun dengan keindahan seni yang luar biasa. Masjid itu terletak di dekat rumah Jackson di Bahrain.

 “Masjid itu didesain sekaligus sebagai tempat belajar prinsip dan pelajaran Islam. Juga dibangun tempat belajar bahasa Inggris. Guru-guru dengan standar tinggi didatangkan dari Amerika Serikat di bawah supervisinya,” ujar juru bicara panitia pembangunan mesjid itu.

Di Bahrain, Jacko juga pernah terlihat menggunakan baju Muslim bersama salah seorang anak angkatnya. 

~ oleh Awai pada Juli 8, 2009.

3 Tanggapan to “Jacko disebut dimakamkan secara islam?”

  1. Michael tidak pernah masuk islam… itu semua hura-huranya orang indonesia yang ngerasa penting banget orang pindah ke agamanya… kenyataanya jacko dimakamkan secara tradisi kristen, lengkap dengan pendeta yang berkotbah dan memberikan kebaktian tutup peti…

  2. boong banget

  3. tapi pada kenyataanya dia dimakamkan dengan cara kristen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: